Apa beda Tune Up Semisport© dengan apa yang dikenal sebagai porting polish?
Efek #tuneprovis berbeda jauh dengan efek porting polish, dimana metode porting polish itu adalah memperbesar saluran masuk dan saluran keluar (yang sering disebut diperbesar 1 mm) dan dibuang kulit jeruknya. Porting polish akan mendapatkan peningkatan tenaga di rpm tinggi sehingga lebih cocok untuk keperluan balap dimana pedal gas banyak ditekan sampai habis. Ini berbeda jauh dengan #tuneprovis yang akan memperoleh tenaga dan torsi di rpm rendah, mobil dengan kapasitas 1000cc konfigurasi 3 cylinder akan bisa berjalan mempergunakan gigi 4 di sekitar 800-1000 rpm tanpa menginjak pedal gas maupun pedal kopling. #tuneprovis cocok untuk pemakaian harian dengan tetap mendapatkan performa di rpm tinggi yang cukup jauh berbeda dibanding mobil dengan mesin standar.
Hak paten #tuneprovis yang hanya dimiliki oleh #provisautolab membuktikan bahwa yang #tuneprovis itu berbeda dengan porting polish, bila sama tentunya tidak bisa mendapatkan hak paten mengingat porting polish sudah menjadi rahasia umum. Stelan #tuneprovis (dan #optik) tidak berubah selama cylinder head tidak dibuka.
Perlu diketahui juga, melakukan porting polish sembarangan bisa mengakibatkan tenaga ngempos di rpm rendah. Porting polish biasanya dikombinasi dengan melakukan pemapasan cylinder head sehingga perbandingan kompresi menjadi lebih tinggi.